Jumat, 23 Desember 2011

Tiap Kesalahan Punyai Nilai

         Tak banyak melakukan perubahan dalam hidup mungkin membuat penulis buku ini tak banyak melakukan kesalahan. Meski demikian, berbagai kritik tajam sering kali menghampirinya. Bagaimana dia menanggapinya? 
 
            Tak banyak orang yang mampu menjadikan kritik sebagai sebuah pelajaran. Dengan kritikan, orang bisa jatuh karena frustrasi atau justru sebaliknya, bangkit untuk melakukan introspeksi dan memanfaatkannya. Robert T. Kiyosaki, penulis yang pernah bekerja untuk Angkatan Laut Amerika (US Marines) sebagai pilot helikopter selama perang Vietnam, memilih yang terakhir.
Menurutnya, ketika mendapatkan sebuah pelajaran, kita justru punya kesempatan lebih baik untuk menghasilkan lebih banyak uang dengan sedikit risiko dan membuatnya lebih cepat. “Pertama kali sekali, tidak memerlukan kemampuan atau pengalaman untuk mengritik. Saya telah menerima kritik tersebut sebelum saya melakukannya. Jika Anda mendengar apa yang saya katakan, semua yang saya katakan adalah tutup matamu dan pelajarilah sendiri,” ujarnya.
Hidup sebagai penulis terlaris bukanlah impian pria kelahiran Hawaii, Amerika Serikat, ini. Dia memulai karier di bisnis manufaktur, yakni pada 1970-an dan 1980-an. Kesuksesan dan kebangkrutan (kepailitan) yang terjadi saat itu memberinya inspirasi menjadi seorang “guru bisnis” (business educator) dan menyebarkan ide-idenya pada 1997 dengan mengeluarkan buku Rich Dad, Poor Dad, sebuah buku biografi yang mempelajari tentang uang dari ayahnya yang “miskin” dan tetangganya yang “kaya”.
            Apa arti sebuah kesalahan baginya? Inilah penuturan lelaki blasteran Jepang-Amerika yang kini tinggal di Arizona, Amerika Serikat, bersama istrinya, Kim, ini kepada The Asian Wall Street Journal. Petikannya:
Anda orang yang banyak terlibat di seminar keuangan. Menurut Anda, apa masalah terbesar orang dalam menggunakan uang?

Mereka memercayakan uang mereka kepada orang penjualan (sales people), bukan orang kaya. Alasan mereka menyebutnya stock brokers atau real estate brokers karena mereka (adalah) perantara Anda. Mereka melakukannya karena komisi. Ketika Anda menempatkan uang menjadi dana, itu untuk keuntungan dana, bukan untuk investor.

Apakah “bapak kaya” Anda itu orang yang nyata?

Pertama sekali, dia itu nyata. Tetapi, secara keseluruhan, (mereka) merupakan campuran. Karena, saya bisa saja memiliki tujuh “bapak kaya” dalam satu waktu. Mereka semua rata-rata memiliki usia yang tidak jauh berbeda. Salah satu dari mereka tinggal di Beijing (Republik Rakyat Cina). Saat ini, dia bekerja di sebuah perusahaan publik. Tapi, dia di sana memang benar-benar “bapak yang kaya. Saya telah membuat suatu perjanjian dengan keluarga untuk tidak pernah menyebutkan namanya.

Bagaimana cara Anda memisahkan masalah pribadi dengan pekerjaan?

Saya bersama dengan istri saya melakukan terapi. Aturan kami adalah jika antara kami merasa sedih karena yang lain lebih dari 45 menit, saya pergi menemui pembimbing saya untuk menolong emosi saya dan membantu saya melewati kemarahan saya. Saya pikir, saya tidak bisa melewati perkawinan saya dengan baik jika saya tidak memiliki seseorang untuk saya ajak bicara.

Jika Anda berbuat suatu kesalahan, apa yang akan Anda lakukan?

Saya tidak melakukan banyak perubahan dalam hidup saya. Itu mungkin yang membuat saya tidak membuat banyak kesalahan. Menurut saya, setiap kesalahan mempunyai nilai. Apa yang Anda harapkan untuk Anda ketahui pada 20 tahun lalu?
Dua puluh tahun yang lalu, saya bertemu dengan istri saya, pergerakan terpandai dalam hidup saya. Saya kehilangan integritas dalam banyak hal. Saya mengutamakan bertemu dia. Tidak ada yang salah, tetapi saya lemah. Saya tidak mau mengurusi hal kecil yang paling detail.

Buku apa yang cukup besar memengaruhi Anda?

Good to Great: Why Some Companies Make the Leap dan Others Don’t yang ditulis Jim Collins. Beberapa hal yang dia katakan mengingatkan (menampar) saya. Misalnya, mungkin, Anda harus berhenti melakukan apa yang baik dari Anda untuk mendapatkan hal besar Anda. Itulah mengapa saya berhenti (melakukan seminar).

Hal apa yang paling menakutkan Anda?

Saya bisa saja mati pada saat saya di Vietnam. Dan, kemudian, saya menyadari bahwa hidup dengan penuh rasa takut akan mati adalah bukan jalan untuk hidup. Saya sampai pada suatu poin… ketika pekerjaan telah saya selesaikan. Jika hal itu adalah tujuan hidup saya, mungkin, sekarang saya sudah menjadi pilot (automatic pilot). Karena saya bukan penakut, saya mempunyai isi yang bagus.

Apa yang Anda lakukan untuk menghabiskan liburan?

Di rumah. Kami tidak melakukan banyak hal. Kami kadang bosan. Hanya ingin sendiri dan memiliki waktu yang menyenangkan.

Apa keinginan terbesar Anda?

Mobil. Saya mempunyai tujuh mobil. Termasuk, dua Land Rovers dan dua Porsches, 911 twin turbo keluaran terakhir yang masih air-cooled. Dan, saya juga punya sebuah 911 speedster. Saya juga memiliki Mercedes 320 convertible dan sebuah Bentley Azure.

Jika Anda bisa memilih, apa makanan terakhir yang ingin Anda nikmati?

Makanan Cina. Mungkin, sebuah bebek panggang dari food stall dan ayam panggang (boiled chicken) dengan saus jahe (saus pedas).
@ itu pertanyaan dan jawaban dari robert t kiyosaki

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India